Wednesday, February 11, 2009

Umur 4 hari..Vaksin ND-IB

. Wednesday, February 11, 2009

Akhirnya...posting juga dech.Rencana mau posting slasa kemaren, tapi apa daya..setelah seharian bergelut dengan rutinitas ditambah sorenya Futsal (2x seminggu, slasa n jumat) ma rekan seperjuangan..Akhirnya badan gak bisa diajak kompromi.."tewas" dech habis mandi malem pake air anget..capek banget!

"Bayi-bayi" yg sya critakan kedatangannya diposting sebelumnya senin kemarin berumur 4hari. Dah waktunya divaksin ND-IB. Vaksin yang sya gunakan ini tergolong intermediet plus, jadi tingkat reaksi post vaksin/stressnya lumayan tinggi. Maka dari tu, sebelum vaksin sudah dilakukan pengamatan pd DOC, layak tidaknya doc divaksin umur 4hari, kalo hasil pengamatan menunjukkan kondisi doc tidak fit vaksinasi ditunda dan dilakukan support multivitamin biar doc fit dan siap untuk divaksin.
Vaksin ND-IB aplikasinya diteteskan lewat mata, karena organ sasarannya memang banyak dimata. Tapi tidak jarang, sya teteskan lewat hidung. Sebenarnya sama saja, cuma, organ sasarannya jadi tidak sekomplek kalo lewat mata, trutama organ yang kaitannya dengan kekebalan thdp IB. Vaksin ini sifatnya menekan kerja sistem pernapasan, sehingga tingkat stress yang ditimbulkan tinggi. Pada dasarnya doc sudah dipaksa untuk tumbuh dengan paru-paru yang tidak seimbang dengan laju pertumbuhannya ditambah reaksi vaksin, jadinya double stress dech. Belum lagi kalo tantangan lingkungan, misal fluktuasi temperatur. Dijamin dech, hari berikutnya banyak doc yang "terkapar"

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com